MITOS WAKTU BERJALAN LEBIH CEPAT KETIKA GALUNGAN

Dua hari setelah Galungan. Kalau temen - temen muslim ketika Lebaran bilang, "H+1 Lebaran, udah bosen sama yang santen - santen", saya juga mau bilang kalau udah bosen banget sama yang babi - babi. :))

Bahkan h-2 saja saya sudah bosen sama babi. Ibu saya banyak banget dapet daging babi dari seminggu sebelum Galungan. Entah itu beli, ataupun dikasi minta orang. Makanan itu menarik kalau dimakan gak sering - sering. Ketemunya setahun sekali bila perlu. Kalau terlalu sering, udah gak bikin penasaran. Malah ngebosenin.

H+2 Galungan. Ada satu mitos tentang Galungan yang mulai saya rasakan. Mitos yang secara sains bisa dijelasin. Saya pernah baca penjelasannya, tapi udah gak begitu jelas mengingatnya. Mitos kalau mendekati Galungan, waktu akan terasa cepat berjalan. Matahari masih terik, ternyata sudah jam 6 sore. Lalu transisi matahari dari jam 6 sampai jam setengah 7 terasa makin cepat. Dari terang dan gelap cepat sekali terjadi.


H+2 Galungan, semua terasa normal kembali. Matahari seterik jam 6 sore ketika sebelum Galungan, setelah Galungan kembali jadi jam 5 sore. Kadang ketika lupa atau gak nyadar, ketika matahari masih terik saat sudah gak Galungan lagi, masih kebiasaan untuk buru - buru kerja biar gak keburu malam. Padahal masih jam 5 sore.

Katanya kalau secara sains, ini dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap posisi Bumi. Di sebelah utara, atau selatan. Sehingga memberi kesan terbenam lebih cepat.

*

Sorry kalau tulisan ini sangat berantakan dan susah dimengerti. Saya buat di sela - sela pekerjaan di kantor. Di depan saya sedang ada yang ngajak saya ngobrol. Obrolan biasa, bukan sesuatu yang penting. Orangnya tetep bercerita padahal jari saya sudah menari di atas keyboard dan mata fokus ke layar untuk menulis tulisan ini.

Bukannya gak sopan atau tak menghargai, tapi topik obrolannya memang gak terlalu penting. Bukan urusan kerjaan pula. Opini - opini tak jelas asal bunyi. Kalau saya simak dengan seksama, perhatikan seperti presenter ke narasumber pentingnya, kerjaan terbengkalai. Ini pun dapet break 5 - 10 menit, sayang kalau disia-siakan.


Galungan adalah minggu dengan banyak hari super kejepit. Senin kerja, selasa sampai kamis libur, jumat kerja lagi, sabtu minggunya libur. Meski kejepit, gak menurunkan semangat bekerja. Apalagi setelah berkumpul sama anak selama 3 hari libur kemarin. Tapi kalau terus - terusan dikasi libur jelek juga. Mengajak anak di rumah butuh lebih banyak energi dibanding kerja di kantor. Main sama anak itu butuh kreatifitas. Butuh kematangan emosi biar bisa sabar. Butuh kekuatan fisik jika anak - anak minta digendong, main kuda - kudaan, kejar - kejaran, perang - perangan, dan jalan - jalan. Waktu bersama anak, perlu diselingi dengan bekerja di kantor biar gak mumet. Di kantor lebih fresh, ketika sama anak pun jadi lebih ceria.

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI