SELAMAT ULANG TAHUN KE-18, BATMAN BEGINS

18 tahun lewat dua hari, Batman Begins rilis di bioskop. Menurut saya puncak dari trilogi ini adalah sekuel keduanya. Tapi bagaimana awal mulai trilogi yang dianggap salah satu yang pernah ada ini dibuat juga gak kalah menarik.

Warner Bros udah pengen segera nge-reboot film Batman sejak film Batman yang berjudul Batman & Robin tahun 1997 flop. Padahal dibintangi Arnold Schwarzenegger dan ada Uma Thurman yang menurut saya cukup mempesona, tapi gak cukup mampu menaikkan angka penjualan tiket filmnya.

Awalnya bukan Christopher Nolan yang jadi sutradara tapi Daren Aronofsky. Ide Daren untuk meng-casting Clint Eastwood sebagai Batman tidak disukai Warner Bros (WB), sehingga Daren urung jadi sutradara Batman selanjutnya.

WB yang sangat suka Insomnia (2002) membuat mereka mendekati sutradaranya (Nolan) agar mau mensutradarai Batman. Sebagai penggemar acara televisi Adam West dan komik Neal Adams sejak kecil, Nolan tertarik menerima tawaran dari WB.

Garasi Nolan adalah saksi film ini lahir. Skenario dibuat disini. Bos - bos WB hanya boleh membaca naskahnya di garasi. Dan di garasi ini pun model kota Gotham dibuat. Selama pengambilan gambar, Nolan tidak pernah menggunakan second unit, yang artinya semua Ia awasi langsung dan sangat ketat agar naskah dikomunikasikan ke film dengan baik dan benar. Ia terinspirasi dengan visual film  Blade Runner. Sebelum produksi dimulai, Ia memutar Blade Runner di depan pemain dan kru film dan berkata, "Beginilah nanti kita akan membuat Batman".

Keanu Reeves, Jake Gyllenhaal, dan Henry Cavill dikasting sebagai Batman/Bruce Wayne. Namun pilihan Nolan jatuh kepada Christian Bale.

Bale waktu itu habis syuting The Machinist. Untuk film itu Ia harus kehilangan hampir 50 kg beratnya. Dalam waktu 6 bulan, Bale menaikkan lagi berat tubuhnya untuk film Batman. Perjuangan Bale gak berhenti sampai situ. Dia juga kehilangan suaranya sebanyak 3 kali ketika harus melakukan suara Batman. Serta menahan beban kostum Batman yang Ia sendiri akui sangat sesak dan menyakitkan.

Usaha Nolan untuk merekrut pemeran - pemaran lainnya pun punya cerita tersendiri.

Michael Caine.
Ketika Nolan datang ke rumah Caine di suatu pagi, Caine menanyakan naskah apa yang Nolan bawa. Ketika Nolan bilang,"Judulnya Batman Begins", kata Caine selanjutnya,"Aku terlalu tua memainkan Batman, artinya aku akan jadi kepala pelayannya (Alfred) bukan?"

Morgan Freeman.
Ketika menulis untuk karakter Lucius Fox, di pikirannya Nolan hanyalah aktor Morgan Freeman. Tapi Nolan ragu apakah Freeman bersedia. Nolan berulang kali datang ke rumah Freeman namun sampai hari pertama produksi Nolan masih tidak yakin Freeman akan muncul ke lokasi.

Liam Neeson.
Siapa sutradara film laga yang tidak ingin memiliki sang legenda di jajaran pemerannya? Awalnya Neeson menolak tawaran Nolan. "Kau tidak perlu aku" kata Neeson sembari menawarkan nama-nama aktor lain. Nolan harus berusaha keras hingga akhirnya sang aktor ikut bermain.

Cillian Murphy.
Nolan jatuh cinta pada aktor ini dan memilihnya dari beberapa aktor yang telah Ia kasting untuk peran Jonathan Crane alias Scarecrow, second villain. Nolan terpesona dengan mata birunya sehingga menyuruhnya melepas kacamatanya saat berakting.


Disana juga ada Jack Gleeson yang sekarang kita kenal sebagai Joffrey di Game of Thrones, dan tentu saja aktor legendaris lainnya: Gary Oldman.

Film sekeren ini tentu ada hal menarik saat produksinya. Seperti Bale yang tidur beneran ketika adegannya dengan Caine di pagi hari. Nolan yang tidak setuju tokoh Scarecrow memakai topeng agar lebih realistis sehingga sang penulis naskah, David S. Goyer, harus meyakinkan dirinya. Nolan memiliki belasan sampai puluhan topeng sebelum akhirnya menemukan model yang Ia sukai.

Untuk score, Batman melibatkan dua komposer yang bekerja secara terpisah. Mempresentasikan karakteristik Bruce Wayne dan Batman yang berbeda. Semua track di film ini memakai nama jenis - jenis kelelawar, dan untuk 4 sampai 9 bila diambil huruf depannya saja akan membentuk kata BATMAN.


Nolan yang sekarang identik dengan Anti CGI CGI Club, ketika itu pun sempat ingin menggunakan kelelawar asli untuk sebuah adegan. Tapi karena kelelewar susah diatur sesuai skenario, Nolan mengalah dan mau menggunakan CGI.

Yang terakhir yang saya ingat adalah kejadian orang mabuk menabrak Batmobile dan mengira mobil itu adalah pesawat yang dikendarai alien yang ingin mengambil alih Bumi.

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI