MARAH KARENA MENCUCI BANYAK PIRING KOTOR DI PAGI HARI

Jam 5 pagi, saya menulis tulisan ini. Di depan sumur piring, gelas, sendok beradu. Berisik. Semoga tak ada yang pecah.

Ibu saya sedang mencuci piring dengan perasaan jengkel dan marah yang di tahan. Caranya menaruh piring, atau mengaduk air cucian, orang tuli pun tahu kalau itu pakai cara yang kasar.

Cucian memang cukup banyak. Didominasi piring anak - anak dan gelas. Istri saya kalau ngasi makan ke si bungsu yang masih bayi memang setidaknya akan menghasilkan tiga perabotan kotor. Piring, sendok, dan gelas. Dalam sehari minimal ada 9 benda kotor.

Bukan perkara besar memang. Tapi ditambah piring kotor dari para orang dewasa dan anak - anak saya yang lain, jadi banyak juga. Mungkin pagi - pagi melihat hal berantakan seperti ini, ditambah lagi harus mencucinya padahal dia sendiri gak ada sumbangsih ke jumlah piring kotor yang ada, ini semua membuat ibu saya sangat marah.

Saya tidak berani mencuci malam hari, dingin. Tubuh saya yang lemah ini rentan demam, dan kalau demam bisa berlebihan kaya mau mati. Piring kotornya mulai menumpuk ketika kami semua selesai makan malam, sehingga saya tidak bisa bantu mencuci karena keburu dingin. Sedangkan istri saya sudah terlalu lelah ngajak anak seharian. Hari libur memang menjadi hari yang lebih capek bagi kami demi menyenangkan anak - anak. Tapi biasanya ketika piring  kotor udah numpuk, istri saya pasti nyuci. Tadi siang saja sudah nyuci, kok. Masalahnya produksi piring kotor hari ini lebih cepat dari biasanya dan nasib kami lagi apes saja sehingga harus menerima kemarahan ibu.


Untungnya istri saya tidak cepet baper. Kalau perempuan lain mendengar omelan dan sikap ibu saya, pasti kabur. Makanya saya sangat memaklumi ipar saya sekarang memutuskan tinggal di rumah orang tuanya. Sayapun kalau jadi dia, punya mertua kayak ibu saya, pasti ciut juga. Mental health yang utama.

Gara - gara insiden ipar pergi, ibu saya gak bisa move on. Kadang saya merasa dia terlalu fokus ke yang pergi sehingga lupa dengan menantu yang masih bertahan dengannya. Sekali lagi, untungnya, istri saya cuek dan bodo amat, sehingga tidak terlalu peduli dengan sikap ibu saya. Overthingking pasti pernah, tapi istri saya, Dwi, memilih fokus pada hal lain dan tidak mau ambil pusing.

1 bukan komentar (biasa):

Aul Howler's Blog said...

Pasti menyenangkan yah punya istri yang open minded dan ngga baperan

Kalau aku yang digituin mertua pasti ngambek trus ujug-ujug beli rumah yang jauh dr sana hahahaha

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI