MOTOR INI TIAP BULAN HABIS 1 JUTA UNTUK SERVICE

Bukan motor antik, cuma motor matic. Bukan motor mewah, tapi rusaknya emang udah parah.

Melihat orang yang punya mobil harus keluar duit jutaan untuk samsat, saya suka ngeri sendiri. Saya yang nyamsatnya ratusan ribu aja rasanya berat banget. Itu baru nyamsat, belum servis.

Saya sejak kuliah, emang tipikal orang yang rajin nyervis. Saya bela - belain tiap hari berhemat biar bisa servis rutin tiap bulan. Karena motor itu adalah kaki saya. Motor, dan seperti beberapa item lain yang saya punya, adalah benda yang wajib segera saya perbaiki ketika mulai ada yang aneh - aneh.

Ironi, ya. Kita sayang banget sama benda di luar diri kita, tapi sama tubuh sendiri gak pernah diperhatiin.

Buat informasi aja, saat ini saya ngerawat 3 motor. Motor istri, motor kantor, dan motor saya sendiri. Kemarin - kemarin ketiganya saya servis bergiliran. Tapi semenjak ekonomi mulai susah, saya fokus ke motor kantor dan motor saya karena rutin dipakai, motor istri yang dipakai cuma seminggu sekali saya servis setiap motor lain sudah diservis dua kali.

Motor kantor bisa saja diservis di bengkel rekanan kantor yang sudah dibiayai sama kantor. Tapi itu gak bisa rutin. Apalagi di masa sekarang dimana anggaran banyak dipotong untuk efisiensi dan karena ada kegiatan lain yang harus diprioritaskan oleh pusat. Sebenernya gak masalah saya harus servis motor kantor pakai uang sendiri. Toh saya memang butuh dan tidak mengambil hak orang lain untuk menggunakan motor ini.

Karena sudah pakai motor kantor jadi istri yang pakai motor saya. Kasian kalau dia pakai motornya sendiri, boros banget kalo dibanding motor saya apalagi motor kantor yang notabene motor bebek.

Cuman kendalanya adalah karena semuanya tergolong motor berumur dengan jarak tempuh yang jauh, sekalinya diservis, rusaknya jarang yang ringan - ringan. Meski hitungannya wajar sih. Kalau dicek kembali, motor kantor dan motor saya diservis tiap dua bulan sekali baru dapet giliran. Bahkan lebih kalau diselipin motor istri.

Masalahnya, di servis langganan saya ini kayanya tarifnya cukup mahal deh. Tapi pelayanan mereka enak dibanding bengkel lain yang sudah pernah saya coba. Bahkan dibanding bengkel resminya! Hanya saja cukup kewalahan juga kalau harus keluar uang minimal 500 ribu tiap bulan, yang mana duit segitu bisa saya alihkan untuk pos pengeluaran yang lain terutama untuk anak dan keluarga.

Belum lagi seperti sekarang, motornya rusak barengan. Yang satu saja sudah habis hampir sejuta, dan yang lagi satu udah dipaksa sampai batas kemampuannya menahan sakit. Meski rusak tetep dipakai.

Mungkin untuk bulan ini, saya terpaksa mengorbankan pengeluaran lain untuk memperbaiki motor - motor ini daripada tetep dipaksa entar malah makin parah rusaknya dan kena biaya makin mahal. Tapi untuk selanjutnya saya sudah kepikiran sih beberapa solusi. Wismilak.

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI