DRAFT GAK DIEKSEKUSI SAMPAI AKHIRNYA JADI BASI


Saya adalah orang yag sangaaat plin plan. Ketika ada yang harus dikerjakan, dan kerjaan itu belum diambil, bakal kepikiran terus – terusan. Tapi gak pernah diambil – ambil, sampe pada akhirnya nyesel karena sudah terlalu terlambat untuk memulai kembali.

Layaknya dalam menulis, misalnya dongeng, cerpen, dan novel. Ketika kepikiran suatu ide, segera eksekusi dan jangan mikirin ide lain, minimal bikin kerangka lengkapnya dulu, karena otak manusia terbatas untuk menyimpan semua memori. Keburu idenya hilang. Hanya saja, sesuatu yang sudah dimulai, harus diselesaikan.

Dalam kerjaan pun saya begitu, kalo ada satu hal yang harus saya kerjakan, saya bakal mikirin itu terus. Bakal terus penasaran kalo belum mengambil pekerjaan tersebut. Namun, saya lemah dalam nyari momen untuk memulainya. Musti dapet mood yang tepat. Mood itu adalah perpaduan kesempatan, kondisi fisik, dan situasi fisik. Sedangkan suasana ideal tersebut sangat langka. Keburu peluang yang datang diambil orang.

Kegagalan, penyesalan, dan ketertinggalan udah jadi saudara kedua saya setelah saudara kandung saking seringnya ngalamin. Pengen banget berubah, tapi otak dan hati gak sejalan, yang mana tubuh lebih condong milih hati. Pengaruh hati ini kuat banget ke hidup saya. #pedih

Disini saya lagi ngomongin PR – PR saya yang menumpuk. Pertama, dan yang paling besar adalah ngedit video. Draft-nya udah ada. Tapi setiap mau ngedit fokus saya kepecah mulu. Fokus saya teralih ke youtube. Nonton lima sampai sepuluh video, mata keburu lelah dan akhirnya tidur. Bangun – bangun waktu keburu habis dan hari keburu pagi, musti kerja. Di kantor gak mungkin saya ngelakuin hal lain di luar pekerjaan, gak enak sama bos temen kantor, dan bu kantin.

Padahal ngedit video itu gak gampang. Draft video yang udah ada gak bisa digabung – gabungin gitu aja. Selain konsep alurnya lumayan ribet, nyari musik latar dan gambar – gambar pendukung serta video penunjang juga butuh waktu yang lama. Belum lagi kalo pengen ngecek apakah video dan musik tambahan itu ada lisensinya apa enggak. Kalo ada, musti diganti. Dan kadang musik – musik gratisan yang dikasi sama Youtube gak begitu banyak variasinya. Ada sih yang bagus, tapi musti pelan – pelan banget nyarinya, musti teliti sekali. Begitu pun untuk ngecek lisensi video pendukung. Dan semua itu butuh waktu. Waktunya bisa lebih lama dari nunggu jawaban gebetan saat kita tembak dan dia bilang "Kasi aku waktu ya, aku mau pikir - pikir dulu."

Ujung-ujungnya dia ngaku pengen fokus kuliah tapi tiba-tiba sudah anniversary aja sama yang lain. #EEAAA


Nah, proses itu semua kalo pun mulus butuh waktu 5 harian. Lama banget emang, padahal videonya biasa banget. Youtuber yang udah terkenal aja bisa bikin video 2 hari sekali. Mungkin ini pengaruh keterampilan yang diasah karena latihan setiap hari. Bisa karena biasa. Sedangkan saya, bikin videonya setahun sekali. Itu pun dengan skill ala kadarnya.

Padahal nih ya, kalo saya gak segera mempublish draft – draft ini, saya gak bisa lanjut ke ide – ide video lain. Bakal gak total karena gak fokus, kepikiran draft yang duluan udah ada. Ini emang masalah saya banget, kalo orang lain pasti bisa professional dan tegas, mampu mendahulukan mana yang dia jadikan prioritas, mengerjakan mana yang seharusnya duluan dikerjain. Mampu menunda sesuatu yang bisa dikerjakan belakangan. Tapi saya gak bisa bisa. :(

Mana saya belum nyobain kamera saya. Saya rencananya beli tripod, tapi biar gak terlanjur beli, kameranya mau saya coba dulu, masih oke apa enggak soalnya udah 3 tahun gak kepake sejak saya beli. Cuman masalahnya saya gak sreg nguji kamera kalo gak langsung dipake rekaman. Sedangkan rekaman baru saya lakuin kalo draft video saya udah abis. Dan seperti yang tadi saya bilang, saya lagi gak mood ngedit video. Gimana dong nih?? :( :(

PR saya yang kedua adalah… hmmmm… PR satu ini aja dulu deh, udah parah banget kayaknya bebannya.. Mau nyelesein masalah satu ini dulu, baru mikirin pe er lainnya. *hela napas

0 bukan komentar (biasa):

Post a comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI