3 MOMEN UNIK INDONESIA DI 17 AGUSTUS 2016


Tiga momen menarik yang terjadi di hari kemerdekaan bangsa Indonesia tahun ini.

*

Pertama: Siaran Langsung Upacara Bendera di Istana Negara dari  Youtube dengan mode 360

Memiliki pendahulu - pendahulu yang kurang akrab dengan media sosial, cukup mudah bagi presiden Jokowi untuk tampil gak gagap teknologi. Banyak terobosan - terobosan yang Ia lakukan, yang anak muda banget, dan ngikutin trend. Dari awal kampanye pun demikian. Out of the box, mungkin karena selera beliau memang casual, trendy, dan cathy, dan di dukung banyaknya anak muda di belakang beliau.

Contohnya kali ini, beliau dan jajaran staf di bawahnya sampai kepikiran bikin live streaming upacara bendera di instana ditayangkan di Youtube memakai mode 360 derajat.


Pertanyaan saya kemudian, apakah ide ini sudah disiapkan sejak tahun lalu? Atau baru kepikiran?

Jika sudah disiapkan dari tahun sebelumnya, ini sebuah terobosan. Sang penggagas adalah orang yang sangat visioner. Karena pada tahun lalu video 360 belumlah terlalu dikenal tapi Ia sudah punya pemikiran untuk membuat live streaming upacara bendera memakai mode 360 derajat.

Namun jika ide ini baru kepikiran belum lama ini, saya penasaran dengan penyediaan alatnya. Kamera untuk mereka video dengan mode 360 tidaklah murah, dan saya tahu sistem birokrasi negeri ini pengadaan barang paling lambat harus direncanakan setahun sebelumnya. Jika barang ini baru terpikirkan sekarang dan dibeli sekarang, semoga pertanggung jawabannya gak membawa masalah kedepannya, terutama saat pemeriksaan oleh BPK dan inspektorat. Khususnya tentang ketertiban administrasi dan undang - undang.

*

Kedua: Emas Olimpiade

Ini yang bikin tanggal 17 kemarin sangat Indonesia. Seharian semua sibuk merayakan hari kemerdekaan, kemudian malamnya ditutup dengan kemenangan tim ganda campuran bulutangkis kita terhadap pasangan ganda campuran Malaysia.

Yaaa semoga saja kemenangan ini gak bikin usaha atlit lain, yang sudah berjuang tapi belum menang, ataupun yang sedang berjuang jadi terkesampingkan.


Bayangkan mereka lagi gigit biskuit Roma


Terakhir: Bendera Gagal Berkibar

Kalo udah namanya apes, mau latihan dan disiapin kayak gimana pun bakal datang takdirnya. Itu yang dialami adik - adik paskibra di Siantar. Bendera yang harusnya mereka naikkan, tak kunjung naik. Kayaknya sih ada kesalahan di tali tiang benderanya.

Sebenernya gak tega, dan rada jahat, tapi saya gak tahan untuk ketawa melihat pelatih paskibranya lari ke arah bendera dan bantuin memperbaiki bendera. : )))

Meski bendera akhirnya naik, tapi adik - adik paskibra gak bisa nahan tangis mereka. Jadi deh mereka jalan sambil sesenggukan.

Padahal ada pejabat pemerintahan yang nonton. Kasian banget. :(

Seperti yang saya udah bilang di sini, pengibaran bendera itu momen paling bikin degdegan di setiap upacara!







1 bukan komentar (biasa):

Claude C Kenni said...

Gua waktu korve pramuka sering tuh ngalamin bendera gagal naik hahaha. Tinggal suruh semua peserta balik kanan sebentar, betulin talinya, terus lanjut lagi upacaranya hehehe

Post a comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI