BELI SAHAM DI IPOT A.K.A INDOPREMIERE #DISCLAIMERON


PERINGATAN: TULISAN INI SEBATAS CURHATAN TENTANG PENGALAMAN MEMBUAT AKUN DI IPOT (INDOPREMIERE), BUKAN MENJELASKAN STEP BY STEP MEKANISME DAN PERSYARATAN DI DALAMNYA.

Jadi, setelah puas main di reksadana, saya gatal untuk mencoba hal yang lebih agresif. Saya lompat ke saham.

Guru saya adalah video dari youtube-nya Raditya Dika. Tutorial pertama dan satu - satunya tentang pembuatan saham yang saya tonton dan udah enak banget ngikutinnya, jadi keterusan.

Berhubung bergurunya ke beliau dan di beberapa videonya bekerja sama dengan IPOT, saya ikut main saham memakai aplikasi IPOT juga karena males riset aplikasi lain untuk pembanding.



Cara bikinnya mudah dan simpel. Yang penting siapin NPWP, KTP, dan buku tabungan. Asal dokumen-dokumen ini sudah kalian miliki, prosesnya bakal cepet.

Jalani aja dulu langkah - langkahnya dengan sabar. Toh semua sekarang serba online, bisa dilakukan dari rumah. Intruksinya memang banyak, tapi setidaknya kamu bisa ngelengkapinnya sambil rebahan. Namanya bikin akun saham, kalian bakal dapet nomor rekening, mirip rekening bank, mekanismenya pun juga mirip.

Saya cukup terkesan karena pihak Indopremiere cukup agresif dalam menkonfirmasi pembuatan akun saya. Beberapa kali saya ditelpon untuk memastikan data (agresifitas mereka berkurang kalo kitanya yang minta pertolongan :p, akan saya ceritakan di postingan terpisah).

Awalnya saya sempat menyepelekan beberapa prosesnya, soalnya terlalu sederhana. Tidak kepikiran kalo di rekening saham ini kelak bakal ada dana berapa juta. So, untuk tanda tangan yang harus disetor, saya pakai tanda tangan baru saya versi 2021.Yang lebih sederhana, cepet nulisnya sehingga efisien waktu, dan (harapannya) gampang diingat orang.

Sorenya, ditelpon lah saya oleh pihak IPOT. Katanya pihak bank gak bisa memproses rekening saya di hari itu sebab ada perbedaan pada tanda tangan yang saya kirim dengan di e-KTP. Karena hari itu sudah jam pulang kantor, prosesnya akan dilanjutkan esok harinya.

Untungnya hal itu tidak jadi masalah besar. Tinggal mengirim email berisikan tanda tangan yang benar, dalam waktu 1-2 hari akun saya jadi. Dan ini kejadiannya sudah sekitar 1 bulan yang lalu. Setelahnya, saya banyak dapat pelajaran tentang dunia persahaman, terutama pengalaman pahit, walau akhirnya beberapa hari belakangan ini saya akhirnya cuan gede. Membuat saya jadi lebih melek, tapi belum melihat sempurna.


Sampai jumpa di pertualangan saya di dunia saham selanjutnya!


0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI