SATU MINGGU LEBIH TANPA PENGASUH

Sebenernya saya gak enak ngomongnya karena sebagian orang, mungkin sebagian besar, gak suka sama PPKM. Sama, saya pun tidak. Meski ketidak sukaan kita mungkin oleh alasan yang berbeda. Tapi kali ini saya terbantu dengan pembatasan betaktivitas oleh pemerintah untuk tidak keluar rumah selama pandemi.

Karena memang anjuran dari pemerintah untuk diam di rumah saja, saya tak perlu ijin lagi untuk tidak ke kantor karena harus bantu ibu ngejagain anak-anak. Anak tetangga yang biasa bantu jaga lagi ada acara keluarga. Kurang lebih sekitar dua mingguan, dan semoga abis itu dia mau balik kerja :))

Saya salut kepada para pasangan yang berani memutuskan untuk tidak memiliki anak dahulu hingga mereka siap. Karena saya sudah ngerasain sendiri, punya anak itu bener - bener butuh kesiapan mental. Siap gak ngasi yang terbaik, siap gak untuk selalu 100% ke mereka, siap gak selalu ekstra demi mereka.

Anak saya yang pertama lagi pinter-pinternya. Udah kaya sutradara. Semua harus bergerak dan terjadi sesuai skenarionya. Kalo ada yang melenceng, nangis. Sejak punya adik, dia jadi gampang nangis. Sebenarnya dia cukup pengertian. Bila orang dewasa di rumah lagi ngajak adiknya, dia akan minta anggota keluarga yang lain yang lagi gak sama adiknya untuk nemenin dia main. Namun makin kesini makin banyak hal yang bikin dia nangis. Dikit-dikit nangis. Harus pinter-pinter biar bom nuklir air mata ini gak meledak.


Dia anaknya baik. Cuman sedang sensitif. Saya dan istri sempat sepakat untuk melakukan trik yang dianjurkan di ilmu parenting untuk meredakan anak yang tantrum, sayangnya metode ini langsung dibuyarkan oleh neneknya anak - anak. Wajar, yang lebih lama sama anak - anak kan neneknya. Jadi anak kami bukanlah sesuai harapan kami, tapi jadi seperti yang neneknya mau.

Saya sudah peringati, dengan pola asuh ibu saya yang seperti sekarang, anak saya akan menjadikan tangisnya sebagai senjata karena setiap menangis semua orang langsung nurutin kemauannya. Pada akhirnya, ibu saya kena getahnya. Dia harus kerepotan menangani cucunya yang tantrum.

Sedangkan si bungsu tidak begitu rewel, sayangnya dia berbeda dengan si kakak yang ketika bayi bisa ditidurkan, si bungsu mirip ibunya. Gak suka tidur siang. Kuat banget begadang siangnya. Itu yang menyebabkan ibu tak bisa handle dua anak sekaligus atau ngambil kerjaan lain. Makanya saya harus turun tangan juga buat handle si sulung. Dan biasanya si sulung lebih sering rewel daripada kalemnya.

Setelah selama seminggu tanpa pengasuh, saya dan ibu sudah lelah banget. Drop. Down. Tingkat stres meningkat. Si adik mungkin masih ada lucu-lucunya, tapi si kakak lagi bener - bener butuh perhatian ekstra. Banyak hal harus kami korbankan untuk ngejagain mereka sebaik - baiknya. Demi mental mereka yang lebih baik. Tapi yang ngasuh yang kena mental :))

Hari ini minggu, istri saya libur. Lumayan, saya dan ibu jadi bisa istirahat. Dengan ibunya, anak - anak lebih kalem. Saya jadi bisa ngejar kerjaan kantor yang seminggu terbengkalai. Yang sayangnya selasa saya harus balik ngantor. Rumornya acara pengasuh masih berlangsung di hari itu. Ibu saya mungkin tetep bisa handle, hanya saja dia akan ngasi anak saya TV dalam waktu lama. Yang kalian tahu, ngasi TV atau hape ke anak kecil itu gak sehat. Sangat gak baik. Sampe saat ini kami belum nemu solusi untuk hari selasa nanti.

Saya bener - bener makin salut sama yang tetep bisa belajar dan bekerja ketika harus ngasuh anak kecil yang lebih dari satu. Kalian hebat. Saya ketika lagi capek banget kadang mikir sebenarnya saya udah siap gak sih punya dua anak? Sebuah pemikiran yang salah, sih. Harusnya tak ada penyesalan seperti itu. Nasi udah jadi bubur, maka bikin bubur yang enak.



0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI