(ga sekedar) Film - Film yang Mirip


Kalian nyadar ga sih kalau plot film Hollywood sekarang – sekarang ini rada mirip alurnya? Ini memang pembuat filmnya gak kreatif, atau emang saya yang gak ngerti dunia perfilman? Udah kayak skenario sinetron/FTV di TV sini. Paling cuma beda latar film atau background pemerannya. Kayaknya sih masih banyak film – film bagus dengan cerita yang fresh, cuman saya aja yang gak sempet nonton. Kalian punya rekomendasi film bagus dengan alur cerita yang bener – bener beda? (Ini gue awal – awal udah banyak nanya)

Film yang saya sebut mirip alurnya dengan film lain yang diputar terlebih dulu beberapa tahun sebelumnya adalah Lucy. Saya nonton Lucy karena ikut tren dan faktor penasaran. Banyak orang kecewa dengan ceritanya, banyak juga make film ini sebagai bahan becandaan, ini membuat saya pengen tahu kayak gimana film yang kontroversial ini?

Setelah saya tonton, gak buruk – buruk amat, kok. Hanya saja ceritanya memang kurang kaya akan konflik. Saya hanya mampu melihat satu konflik besar di film ini, yaitu seorang cewe yang mampu menggunakan kemampuan otaknya sampai 100% akibat sebuah insiden. Bagi yang gak doyan – doyan banget nonton film ke bioskop mungkin akan ngerasa rugi udah ngeluarin duit untuk nonton Lucy karena ceritanya terlalu flat dan agak kurang seru. Berhubung saya orangnya doyan ke bioskop, suka - suka aja nonton Lucy.

Lucy ini mirip dengan film lain yang pernah saya tonton di tempat yang sama beberapa tahun lalu saat bioskopnya belum direnovasi dan sebagus sekarang. Film itu adalah Limitless. Konsepnya sama, seseorang yang mendapatkan suplemen yang membuat dia lebih pintar. Hanya saja di Limitless kemampuannya gak se-wow Lucy. Limitless hanya menampilkan kepintaran dan kegeniusan seseorang. Mungkin persentase kemampuan otak yang mampu dimanfaatkan gak sebesar Lucy yang mampu sampai 100%. Makanya Lucy mampu melakukan hal – hal yang biasa kita lihat di film Harry Potter, sampai – sampai musuhnya memanggil dia penyihir. Lucy mampu mengganti warna dan bentuk rambut, menerbangkan objek, tidak merasakan sakit, memodifikasi tubuh seperti munculnya tangan tambahan, mampu melihat organ dalam mahluk hidup dan metabolisme yang terjadi di dalamnya sehingga tau apa yang sedang terjadi di dalam tubuh mahluk hidup dan penyakit apa yang diderita, mampu melihat kenangan seseorang hanya dengan menyentuhnya, dan mampu melihat sinyal hape dan mengendalikan listrik serta alat elektronik. Bedanya Limitless dengan Lucy juga adanya adegan sensualnya, sedangkan di Lucy paling mentok cuma ciuman yang alesannya gak begitu jelas fungsinya untuk apa?


Film lain yang mirip dengan film lain adalah The Maze Runner. The Maze Runner mirip dengan Hunger Games. Beberapa remaja dimasukkan ke dalam sebuah dunia lain yang diatur dari luar oleh pembuatnya. Di dunia itu ada aturan dan remaja – remaja itu harus bermain sesuai aturan. Tentu saja harus ada yang mati dalam permainan tersebut. Tapi kedua film ini hanya mirip dalam konsep besarnya aja kok. Detail The Maze Runner beda jauh dengan Hunger Games.

Kalian punya contoh film lain yang mirip?

Kemiripan film – film Hollywood yang lain misalnya sama - sama diadaptasi dari buku atau remake cerita dongeng. Yang terakhir ini kadang bikin saya kesel. Bukannya menjawab segala pertanyaan saya saat saya pertama kali tahu dongeng – dongeng ini ketika kecil, film – film yang dibuat berdasarkan dongeng ini malah merusak kenangan masa kecil saya. Jalan ceritanya jadi kabur bahkan menyimpang dari yang pernah saya tahu. Putri Salju, Putri Dongeng, dll. Disney yang paling banyak membuat film berdasarkan dongeng – dongeng anak – anak.

Gak cuma Disney, orang Indonesia juga ada yang merusak kenangan masa kecil saya. Kenangan tentang Satri Baja Hitam. Berikut ini video yang jadi biang keroknya.



8 bukan komentar (biasa):

Herbal Atasi Penyakit Jantung Bocor said...

hhahahaha,,video nya siapa itu yang bikin?? :D

Adi Yulianto said...

bangke... dapet aja lo videonya..:D

tempat aborsi said...

ini videoo nya gokil banget,dapet darimana gan.?

klinik aborsi bandung said...

good share,,

ale said...

jadi pengen nonton lucy yang katanya keren.

MJ said...

Kalo alur cerita, bisa di bilang mirip semua deh http://www.opsional.com

dealharga smartphone said...

mungkin sudah harus mulai menjelajah ke ranah film festival om. selain ceritanya yang 'suka gk kepikiran', coloring nya juga suka nyeleneh.
keep on nonton om ^^

baby tafel, baby taffle said...

tergantung rumah produksi yg menaungi. untuk film sekelas Universal studio, disney, dll selalu menelurkan film2 dengan skenario yg bermutu.

Post a comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI