GARA - GARA BLOG JOKO ANWAR YANG DIBUAT 16 TAHUN YANG LALU

Ketika nyari bahan untuk ulasan film Kala (2007) a.k.a Dead Time, sama nemu blog yang dibikin sutradaranya, Joko Anwar, yang dibikin tahun 2006. Berisi perjalanan pembuatan film tersebut sampai manggung dari festival ke festival.

Di tahun - tahun itu masih puncak dari euforia kepemilikan website bagi seseorang. Seru banget punya web sendiri, baik dengan domain berbayar ataupun pakai fasilitas gratis seperti blogger / blogspot, wordpres, dll. Tak lelah posting, mencari bahan untuk diunggah, ngikutin atau ngebahas trend yang lagi beredar baik di offline atau online. Sangat menyenangkan menikmati kreatiftas yang mereka hasilkan. Drama pun tetap ada. Konflik. Hingga kriminal. Dalam bentuk apapun medianya, tidak akan terlepas oleh hal itu.

Di tahun dua ribu belasan, sosial media mulai naik. Para pekarya konten ini berpindah perahu. Blog jadi sepi dalam waktu singkat. Jaringan terbuka ini berubah jadi ranah sepi, seperti sebuah areal terlarang yang tak ada berani seseorang pun melintas.

Media internet berupa tulisan adalah wadah buat mereka yang introvert untuk tampil dan dikenal lebih banyak orang. Tapi kalau tempat mereka tampil jadi sepi lagi, tempat itu akan jadi tempat mereka untuk nyaman berekspresi tanpa takut dikomentari orang. Tau sendiri kan netizen kita paling jago menghakimi orang.

Untuk saya sendiri, blog Joko Anwar jadi penyemangat lagi. Walau pembaca tulisan ini tak banyak. Konsisten di angka 5, tidak pernah kurang, dan kunjungan harian web ini rata - rata di atas 100, itu tetap jadi alasan saya menulis lebih baik lagi agar waktu yang sudah kalian korbankan membaca isi pikiran saya setidaknya gak terlalu sia - sia.




0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI