AKAN MERASAKAN MENDAPATKAN DEVIDEN UNTUK PERTAMA KALI

Deviden. Satu kata yang saya kenal pertama kali ketika masih kerja di bimbel. Tempat kerja pertama setelah lulus. Senior di tempat kerja bicara singkat tentang dirinya nanem saham di franchise temennya dan dapet deviden dari keuntungan usaha temennya tersebut. Dari situ saya langsung ngerti apa itu deviden.

Setelah itu saya tidak pernah membahasnya lagi sampai 8 tahun kemudian saya nyemplung ke saham. Pertama nyemplung ngincernya bukan deviden. Seperti pemain saham lain, saya ngincer capital gain. Selisih harga beli dan harga jual. Meski banyak yang ngajarin gimana cara investor hidup pakai deviden, atau nunjukin seberapa besar deviden yang mereka dapat, sesuatu yang cuma bisa kita dapat setahun sekali masih tidak menarik untuk saya.

Hingga akhirnya kita masuk musim deviden. Perusahaan - perusahaan ngadain rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), dan salah satu jadwalnya adalah pembagian deviden.


Beberapa saham tidak sengaja saya temukan akan bagiin deviden. Saya beli mereka karena ada story di belakangnya. Disimpen dalam waktu yang lama, sempet tektok beli di bawah lalu jual di atas sebagian lalu beli lagi ketika turun ke bawah, ternyata beberapa diantaranya bagiin deviden. Devidennya gak gede, sih. Mungkin itu sebabnya beritanya gak heboh. Deviden yang sedikit ini pun membuat saham tidak langsung ambrol saat melewati hari pencatatan penerima deviden (ex date).

Kemudian saya amati, beberapa saham punya kebiasaan selalu naik menjelang RUPST. Ini biasanya ada hubungannya sama tradisi perusahaan-perusahaan ini yang mengumumkan pembagian deviden jumbo saat RUPST berlangsung. Orang - orang akan berlomba - lomba segera masuk saham ini seawal mungkin pas saham belum naik terlalu tinggi, agar nanti kalau harganya terjun saat ex date, mereka masih untuk dari deviden dan capital gain.

Nah saham- saham ini juga ada yang saya masuki, walau gak semua berjalan lancar. Ada yang sahamnya malah anjlok karena ternyata deviden yang dibagiin tahun ini di bawah ekspektasi. Ada juga harganya hancur secara misterius. Seakan ada yang mau nambah porsi mereka di saham ini sebelum penjatahan deviden (cum date) jadi harga dibikin turun dulu untuk ngusir pemilik saham lama dan agar dapet harga yang lebih rendah.

Karena modal yang saya masukkan gak banyak, deviden yang saya dapet juga ngikutin modal awal. Meskipun persentasi deviden dibanding harga saham pas saya beli gak jelek - jelek banget. Cuman kan yang kita pakai belanja kebutuhan sehari - hari adalah uangnya, bukan persentasenya.

Kali ini, ketika pasar Indonesia bersiap dihantam efek dari inflasi Amerika, saya gak berani agresif dulu. Toh saya pun harus mendinginkan uang agar bisa dipakai nebus IPO NPII yang terus saja diundur. setelah saya hitung, saya masih bisa memakai 25% dari modal untuk belanja saham tanpa mengurangi buying power saya terhadap IPO NPII. Modal yang available ini saya pakai beli DMAS, kebetulan besok cum date. Cuma bagiin 2,5% dari modal saham sih, harusnya ex date ga longsor. Cuman tetep jaga- jaga aja besok lusa dengan stoploss ketat.

Saya milih DMAS, selain karena saham ini sempet rame beberapa bulan lalu, dia juga lagi deket support kuat alias gak ada yang punya sahamnya dari harga di bawah ini sebelum pembagian deviden sehingga pas deviden dibagiin harusnya gak berloma-lomba cepet keluar. Dan cum date gak mengganggu rencana saya beli IPO NPII. Meski saya terjebak di dalam, uang dingin untuk beli NPII gak keganggu. Nominalnya sudah saya siapin. Semoga semua berjalan baik deh.

Selain itu, saya juga belum bosen baca pemberitahuan yang masuk ke email saya tentang jadwal kapan dan berapa deviden sebuah saham masuk ke rekening saham saya. Kalau kemudian hari ada saham yang bagiin deviden dan momennya menarik, mungkin saya akan beli lagi. Kalaupun gak ada, saya sudah punya banyak stok saham menarik lain yang ingin saya beli.

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI