KUNCI SUKSES BERINVESTASI: SABAR

 

Kalau mampu melihat masa depan, mungkin hidup akan mudah. Kita akan mengambil pilihan - pilihan yang lebih baik. Pilihan yang tepat.

Bila kita mampu melihat masa depan, mungkin semua malah makin buruk. BIla ternyata kenyataan yang telah menunggu kita adalah sebuah peristiwa yang belum siap kita terima saat ini, bahkan mau selama apapun kita diberi waktu mempersiapkan hati.

Jadi mungkin sebaiknya tetap seperti saat ini. Kita tak bisa melihat masa depan.

Tapi, bila saya tahu apa yang akan terjadi hari ini dan kemarin, dua hari lalu saya mungkin tak perlu kepikiran hingga seharian karena jual saham kecepatan, atau membuang melewatkan kesempatan membeli saham ARTO dan INTP yang naik di hari itu.

Dua saham ini sudah jadi inceran saya. ARTO tengah ada di support, sedangkan INTP saya mendapat info sangat positif. Tapi karena masalah budget, saya tidak memilih keduanya. Di saat yang sama, saham - saham yang saya pegang malah melempem. Ada yang saya take profit (TP), tapi kecepetan, alias kemurahan. Setelah itu saham itu terbang, hingga sekarang.

Patah hati bertubi - tubi ini membuat saya memutuskan merombak ulang lagi skema investasi saya di saham. Saya pakai metode baru, yang sebenarnya sudah saya pikirkan sejak lama namun selalu saya abaikan karena ragu. Metode baru ini, di luar dugaan, malah ngasilin saya cuan. Perasaan saya campur aduk. Kinerja saham saya masih belum maksimal, tapi hasil dari metode ini diluar ekspektasi.

Di satu sisi dia tidak menjawab harapan saya tentang profit rutin dengan nominal yang saya impikan. Namun Ia juga menjawab kecemasan saya tentang melatih kesabaran dalam menunggu saham di porto berjalan. Kenapa? Karena saham - saham yang saya pilih dari metode ini, berjalan lebih cepat dari dugaan, dan persetasenya melebihi batas imajinasi yang bisa saya pikirkan. Saya sampe kagok dan beberapa kali hanya bisa terdiam karena bingung harus mengambil tindakan apa. Meski nominal rupiahnya tidak banyak (saya gak berani naruh uang banyak - banyak di metode yang baru saya gunakan), tapi hasilnya lumayan menggembirakan.

Alasan kenapa saya pilih metode baru ini, karena saya tahu beberapa poin penting dalam berinvestasi yang baik untuk saya, yang saya butuhkan, dan tengah saya pelajari agar jadi terbiasa.

Poin penting itu adalah KESABARAN. Sabar menunggu saham berjalan. Sabar untuk tidak cepat - cepat menjual saham yang dimiliki (hal ini bisa diatasi dengan mengetahui target harga sebelum memutuskan membeli sebuah saham). Sabar untuk tidak cutloss kalau memang belum tembus support. Sabar membeli saham yang sudah dijual kalau turun ke area beli dan tidak cepat pindah ke saham lain.

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI