THE DIED DON'T DIE (2019), PENGEN KETAWA TAPI...


Sempet heran kenapa Selena Gomez mau main di film Dead Don't Dead. Karena pada akhirnya dari trailernya saja kurang meyakinkan. Kemudian setelah dirilis, banyak penonton yang kecewa. Anehnya, kritikus malah suka?!

(mungkin karena mainnya cuma sebentar. matinya cepet)

Bahkan perilisan DVD yang terlalu dekat dengan tanggal perilisan di bioskop diindikasikan sebagai tanda filmnya ga laku.

Yang gagal dalam film ini selain akting pemainnya, juga karena pemilihan genre. Ngaku sebagai film horor komedi, tapi gak ada serem - seremnya tapi masih ada lucunya, meski dikit.


Maksud dari tiap adegan ini sebenernya udah sesuai kaidah humor dan perhororan, cuman akting para pemainnya kaya males - malesan. yang aktingnya total menjiwai peran cuman bapak Steve Buscemi sebagai petani yang rasis. Sisanya kaya akting dibayar pakai daon.

Dari segi ide, Dead Don't Die cukup unik dan anti mainstream. Jim Jarmusch sebagai penulis dan director mampu membuat film zombie yang berbeda dari film - film zombie yang sudah ada. Mulai dari penyebab adanya zombie.

Jika biasanya zombie berasal dari manusia yang masih hidup lalu terkena wabah penyakit misterius, di Died Don't Die penyebab ada zombie adalah fenomena alam akibat rusaknya lingkungan.


Diceritakan pemerintah Amerika melakukan eskploitasi di kutub sehingga membuat Bumi bergeser dari porosnya. Ini membuat siklus alami Bumi jadi kacau. Jam 8 malam masih terang, cuaca ekstrim, dan bulan pembangkit mayat hidup tersebut.

Ide unik lain yang saya ngerti maksudnya adalah komedi, tapi malah bikin banting meja saking out of the box-nya adalah para zombie yang bukannya memburu otak, tapi ada yang memburu kopi, tv kabel, wifi, bluetooth.

Itu untung di Amerika, kalo di Indonesia zombienya pasti memburu kuota. Yang diserang adalah counter -counter hape.

Btw, beberapa karakter zombie seperti maniak kopi, gitar, tenis, atau fashion diperankan oleh cameo dari tokoh - tokoh yang terkenal dan identik dengan hal itu. Seperti petenis legendaris, gitar zombie, dll. Detailnya sila cek di SINI.

Puncak ide absurdnya adalah ketika film memasuki babak puncak, serangan zombie lagi banyak - banyaknya, manusia tertangguh yang paling jago membunuh zombie tiba - tiba pergi meninggalkan TKP dengan pesawat UFO.

ITU GIMANA CERITANYA ADA UFO SEKONYONG - KONYONG MUNCUL DI ARENA???

BERATI MANUSIA ITU ADALAH ALIEN????1?11??111

Sungguh twist banget. Saking randomnya cerita ini, saya sampai gak bisa menerka endingnya bakal kayak gimana..

Tapi secara formula, Died Don't Die sudah masuk kategori film komedi. Pemilihan font di film dan bentuk posternya aja sudah komedi banget.


Hanya saja Jim dalam pembuatan film ini gak fokus menghidupkan cerita dan alur sehingga pemilihan cast-nya pun bukan yang menunjang unsur komedinya.

Padahal banyak dialog komedi, tapi kurang hidup.

Jim sepertinya fokus ke pesan - pesan sindiran yang ingin disampaikan kepada pemerintah dan masyarakat Amerika. Seperti kerusakan alam demi kepentingan kapitalis, budaya masyarakat yang juga sangat kapitalis, dan fenomena - fenomena lain yang Amerika banget misalnya UFO.

Angin segar dalam film ini,yang juga bikin orang pengen nonton, gara - gara adanya mbak Selena Gomez dengan baju dan celana gemesnya. (Meski matinya cepet)

Lututnya ada muka bayinya

0 bukan komentar (biasa):

Post a comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI