PIODALAN PURNAMA KAPAT 2016


Saya kurang puas dengan video kali ini (video - video saya emang gak pernah memuaskan sih). Tapi kali ini, ada sesuatu hal yang saya sesali. Ada sesuatu yang harus saya benerin, tapi melihat kerasnya usaha rendering video kali ini, saya jadi mikir-mikir. Sampai video ini naik, hal itu bener - bener gak saya lakuin.


Hal tersebut biar saya sediri saja yang tahu. Akan saya aplikasikan di video selanjutnya. Ya, saya akan bikin video lagi. Bagi yang gak suka dengan video - video saya, m a m a m

Dari segi konten sebenernya cukup menarik. Apalagi yang pengen lihat langsung gimana orang Bali mempersiapkan upacaranya, dan bagaimana acaranya berlangsung. Apalagi dalam video ini saya tampilkan tari rejang secara penuh, dari awal sampai akhir, yang ditarikan oleh ibu - ibu PNS di lingkungan pemprov Bali. Serta upacara mewinten (penyucian diri) kepada bapak kantin dan istrinya dalam rangka penunjukan dirinya sebagai tukang yang bertugas menghaturkan canang (sesajen) di kantor. Dan pertunjukan topeng bondres, hanya saja pertunjukan ini dalam bahasa Bali, mungkin akan banyak yang tidak mengerti apa yang pemerannya katakan. Jadi, silakan dan selamat menonton.

*

Rasa berdosa ke diri sendiri dan kantor kian hari kian nambah tiap saya ngedit video baru. Karena ngedit video di kantor, kerjaan kantor jadi terbengkalai, saya pun perlahan jadi 'gak kepake' di kantor. Berasa punya ilmu menghilang, bos dan temen - temen gak menyadari keberadaan saya, yang lebih memilih ngasi kepercayaan kepada orang lain untuk mengemban suatu tugas/kerjaan/tanggung jawab. *siap - siap dipecat*

Video selanjutnya saya akan mengurangi, bahkan gak sama sekali ngedit video di kantor. Sebagai pegawai, saya kembali ke jalan yang benar, walau pulang kerja jam tidur (bahkan jam olahraga) saya harus saya ganti dengan ngedit video, serta kenyamanan - kenyamanan lain yang pergi mengikutinya.

Saya sangat iri kepada videomaker - videomaker lain yang mampu mengunggah video mereka seminggu lebih dari dua kali. Saya satu video saya bisa ngabisin 4 hari untuk ngedit. Rendering aja bisa satu hari, belum research, dan menentukan konsep. Ironisnya video yang dibuat seribet ini hasilnya tetep busuk. Besok - besok langsung upload aja kali ya jangan pake konsep dan edit - editan?

Seperti video ini, gak ngerti kenapa tiba - tiba penyakit gagal render-nya kumat lagi setelah beberapa video sebelumnya lancar jaya makmur sentosa.

Saya coba dari jam 8 malem, besok sore jam setengah 7 malem baru kelar. Hampir 24 jam!

Rasanya sudah belasan kali saya gagal rendering. Kesimpulan sementara adalah saya musti menggunakan resolusi yang disarankan aplikasinya ketika rendering, jangan lebih. Serta dari situs - situs yang saya baca, video, gambar, dan audio yang masuk musti diubah ke dalam format tertentu. Ini akan saya coba di video selanjutnya, kita lihat, bener apa enggak.

Buat kalian yang menonton, atau malah selalu nonton video saya, semoga kalian suka. Terima kasih atas waktu dan kuota yang kalian luangkan. Sayang dari hati yang paling dalam dengan sangat tulus menghargainya. :)









1 bukan komentar (biasa):

Dompet kulit STNK/Kunci (Leather Key wallet) said...

wahh mantap banget yah gan :)

Post a comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI