UANG ADA, TAPI GAK BISA BELI SAHAM KARENA INI

Dipaksa kalem dulu sama PT Mandiri Mineral Perkasa Tbk. (NPII). Perusahaan ini dalam waktu dekat bakal Initial Public Offering (IPO) di bursa saham Indonesia. IPO adalah proses sebuah perusahaan masuk pasar efek sehingga masyarakat bisa membeli sahamnya dengan mudah.

Ada beberapa tahap dalam pemesanan saham perusahaan yang mau IPO. Di NPII saya terlanjur ikut proses paling awal. Itu bikin saya harus menyiapkan dana sebesar yang saya tulis di sistem jauh - jauh hari. Biasanya saya pesan saham IPO di akhir - akhir. Berapa ada sisa cash, segitu saja saya masukkan. Kali ini karena pengen nyoba sistem baru, jadinya mempersulit diri sendiri.

Dana yang harus saya siapkan membuat saya gak bisa belanja saham sampai NPII resmi listing di IHSG. Uang yang bisa digunakan untuk memesan saham IPO adalah yang tak terpakai selama dua hari. Aturannya gitu. Yang bikin kesel adalah jadwal NPII ini diundur terus. Dari awal bulan, pertengahan bulan, sekarang pindah ke akhir bulan. Padahal IPO NPII ini rame banget loh orang ngomongin karena bonus yang mereka kasi di paket IPO-nya. Tapi kenapa diundur - undur yak? Masa karena sepi peminat sih?

Bisa aja sih saya bertransaksi di saham lain sebelum h-2 hari penawaran umum. Kan hitungannya dua harus selanjutnya uangnya sudah 'dingin'. Cuman saya tipe investor yang menyimpan saham dalam waktu lama, takutnya sebelum dua hari saya masih dalam keadaan minus, itu beresiko untuk modal saya. Jadi main aman saja dan pertebal kesabaran.



0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI