PT Mega Perintis Tbk (ZONE)

Ternyata enak megang saham lama - lama.

Lebih tenang. Gak grasa - grusu. Toh hasilnya tetep cuan. Kelihatannya gak maksimal, tapi konsisten. Dibanding dulu saat semi trading. Kerja gak fokus karena kepikiran market terus. Dikit - dikit lihat hape. Win rate juga rendah. Keseringan loss daripada untung. Ujung - ujungnya balik modal doang gak pernah profit.

Kalau kali ini, kebalikan dari itu semua. Saya nyaman, kerjaan kelar. Kayanya saran orang yang nyuruh seakan - akan kita cuma bisa beli 7 saham selama kita hidup ada benernya. Mindset dan keputusan - keputusan yang diambil jadi lebih rapi. Tertata dan lebih sabar.

Memang masih ada rasa nyesek lihat saham pernah naik 10%, 20an %, sampe 30%, lalu dijual (cutloss) di setengah dari keuntungan yang pernah saham itu peroleh. Namun itu yang terbaik untuk saya sekarang. Saya pernah pakai metode cut di support terdekat. Ujung- ujungnya saya kehilangan barang bagus yang terbang setelah saya jual. Saya lupa, bandar juga bisa teknikal. Lebih jago malah. Dia tahu dimana titik cutloss kita.

Sekarang saya pakai konsep take profit di setengah kenaikan harga berjalan. Kalau saham yang saya beli naik 10%, saya baru jual kalau harganya turun sampai 5%.

Saya akan disiplin pakai metode ini sampai saya bosen. Atau lelah. Saya percaya displin, konsisten, serta kesabaran adalah kunci investor bisa bertahan lama di saham dan meraih sukses. Sejak kejadian hilang barang di area support, saya belum pernah cutloss dengan metode baru. Besok kayanya yang pertama kalinya.

Saya beli ZONE tanggal 25 Mei. Sebulan lalu lebih dikit di harga 1165. Kalau dilihat dari harga beli itu sampai harga tertinggi yang pernah ZONE capai, saya cuan hampir 60%. Tapi saya sempet nambah muatan lagi beberapa kali sehingga mengurangi nilai persentasi tapi nominal profit makin besar.

ZONE ini termasuk ajaib. Selama sebulan jalannya garis lurus ke pojok atas. Jalannya ini sudah dimulai jauh sebelum saya beli. Ada yang nyeletuk di twitter tentang saham ini, lalu saya cek, saya hitung-hitung resiko kalau membeli di harga saat itu, kemudian saya pun beranikan masuk hingga sekarang.

Kayanya frekuensi dan volume transaksi yang mulai meningkat di dalam Zone menyebabkan bandar tak lagi membawa sahamnya terbang menukik. Entah Ia sudah merasa cukup, atau mau mengusir penumpang gelap dulu sebelum lanjut jalan lagi. Yang pasti saya musti disiplin untuk cutloss.

Masalahnya, hari ini ZONE mengalami ARB. Itu adalah persentase terbesar sebuah saham turun dalam satu hari. Nilai ARB ZONE cuma 2 tick dari harga cutloss saya. Ini adalah ARB kedua sejak kemarin. Dah melihat jumlah orang yang antri pengen cepet-cepet keluar dari ZONE, kayanya besok harga cutloss saya bakal kelewat dan saya syukur - syukur bisa jualan besok. Kalau apes, bisa jadi saya gak bisa jualan dan gak jadi profit sama sekali.

Perih banget rasanya kalau pernah hampir cuan 60 persen lalu jadi minus. Kita lihat aja besok. Mohon doanya ya. Ingetin saya lagi soal ini ya. Nanti kita cerita - cerita lagi tentang ZONE ini.

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI