DIET SAHAM. PUASA BELI SAHAM BARU

Kita update saham lagi ya.
Hari perdagangan terakhir minggu ini. Sekaligus hari kejepit. Kalau mau libur begini, musti hati-hati belanja. Banyak yang gak mau menginapkan uang mereka di pasar selama ditinggal libur. Hal ini bikin harga saham bisa jadi liar banget, atau jadi sepi banget.

Minggu ini saya tutup dengan kejutan. Saham yang tak diduga-duga, malah ngasi ARA. Emang bener kayanya ga boleh terlalu fokus lihat market kalau lagi di kantor. Tadi pagi pas jam bursa baru buka, saya sampai lupa lihat hape karena banyak banget kerjaan yang musti diberesin. Padahal saham IPO yang saya beli, listing hari ini. Untungnya meski bukan saham jagoan banyak orang, saham IPO yang saya beli ga ARB. Malah ARA!

Sampai saat ini sahamnya masih saya simpen. Tapi saya pasang trailing stop ketat.
Saya kedepan berencana diet saham. Mau puasa beli saham dulu kecuali emang super menarik banget. Saham yang saya pegang sekarang terlalu banyak. Sampai belasan gitu. Jadi ga maksimal mengelolanya. Makanya seperti saham EXCL (operator seluler XL) pas naik dikit diatas harga yang saya punya, saya langsung pasang jual di deket modal saya. Seandainya turun, antrian saya kejemput.

Sahamnya beneran kejual. Lumayan buat bayar biaya broker, di saya mah dapetnya ga seberapa. Ini semua demi mengurangi jumlah saham di porto. Nanti kurang lebih saya hanya akan punya 5 - 6 saham sahaja. Meski tindakan ini bikin saya nyesek. Dua kali.

Saham XL ternyata masih bisa naik. Saya jualnya kecepetan. Terlalu terburu-buru ngambil keputusan. Tapi balik lagi ke pepatah saham terkenal: Take Profit tak pernah salah.

Nyesek yang kedua ada di saham ARCI. Udah beli banyak, kena CL. :))

Kayanya selain saya, ada yg beli banyak juga. Kebetulan harganya emang deket support. Makanya bandarnya ARCI ngeh dan ngegocek kami dengan membawa ARCI hampir ARB buat ngusir retail-retail kaya kami. 

Sempet panik sih. Jarang dapet cuan, sekalinya dapet, loss-nya bikin cuan yang selama ini didapet jadi ga berasa, jadi sia-sia. 

Saya jual ARCI 3 tick lebih rendah daripada harga yang seharusnya bisa saya dapatkan. Lagian siapa yang bisa tahu harga akan dibawa kemana ya kan? Harus disiplin kalo mau trading.

Sedih sih. Tapi ga boleh lama-lama. Waktu terus berlalu, dan senin ketemu pasar lagi. Hari baru, semangat baru, dan kesempatan baru. Mungkin ini pelajaran untuk saya agar lebih sabar apapun keadaannya. 

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI