PERKEMBANGAN PORTOFOLIO SAHAM BULAN MARET

Jadi, sepanjang maret portofolio saham saya berkembang sebesar 6,4 persen. Ini 1000 persen lebih baik dibanding apa yang saya peroleh selama 2021. Selama tahun lalu saya loss 30% lebih!

Setelah saya hitung - hitung, bila saya konsisten profit sebesar 6% setiap bulan dari total porto, saya tetap belum bisa mengembalikan kerugian yang saya derita tahun lalu. Kerugian itu baru lunas di Januari 2023. Dan impian menjadi full time day trader semakin jauh.

Hitung - hitungan kali ini lebih realistis daripada perhitungan yang saya pernah bikin sebelumnya. Padahal, perhitungan ini pun tergolong masih terlalu optimis. Saya tidak memasukkan kejadian - kejadian luar biasa yang mungkin berakibat buruk kepada porto saya. Namun hasilnya tetap tidak terlalu menggembirakan. Profit yang saya hasilkan baru bisa menghidupi saya dan keluarga ketika 2027-2028. ENAM TAHUN LAGI!

Disitu anak - anak udah mulai sekolah. Impian punya rumah di Denpasar makin jauh. Apalagi mobil. Belum lagi perkembangan kantor yang sekarang yang kedepannya belum tentu apakah masih mau mempertahankan saya atau tidak?

Sebenarnya semua ini bisa dipercepat bila saya memasukkan modal tambahan dari penghasilan dan pendapatan yang saya sisihkan, atau bila ada bonus - bonus dan bantuan dari pihak lain.

Namun, saya gak mau berharap dari orang lain. Gak mau berharap dari sesuatu yang belum ada. Yang belum pasti. Dan tanpa ini semua pun, prospek portofolio yang saya buat sudah terlalu optimis. Saya sendiri degdegan karena hidup gak semulus itu.







0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI