SAHAM MULTIBAGGER

 

Di saham ada istilah bagger atau multibagger. Kata ini mengambil istilah dari olahraga baseball. Kalau di saham bagger itu artinya modal kita pada sebuah emiten menjadi dua kali lipat dari nilai awal. Multibagger berarti lebih dari itu.

Selama ini saya gak pernah dapat bagger dari keuntungan beli suatu saham. Kalo dalam menghitung kerugian juga ada istilah bagger, baru mungkin saya  mendapatkannya, lebih dari 10x.

Bagger memang gak pernah, tapi kalo nyaris mah SERING.

Saham kalau dibeli, turun, kalau gak dibeli, naik. Seratus persen, dua ratus persen, itu mah udah biasa.

Beberapa saham yang sedang mengalami kenaikan ratusan persen dari harga awalnya yang sudah saya lihat tapi gak jadi saya beli ada beberapa banyak.

ADMR, SMMT, CSRA, BIPI, BISI.

Itu lima diantaranya.

Padahal Tuhan udah baik banget gak bikin saya harus kerja keras menganalisa ratusan saham untuk menemukan calon saham multibagger. Semua ditunjukkan langsung ke depan mata saya. Hanya saja saya tidak memiliki kebijaksanaan yang cukup sehingga intuisi saya kurang tajam untuk menangkap petunjuk dari Tuhan.

ADMR, SMMT, CSRA, dan BISI adalah saham - saham yang dibahas oleh orang - orang yang berbeda di beberapa platform yang beda-beda pula yang saya temukan. Awalnya sih niatnya biar lebih mandiri, biar gak bergantung ama pom-pom orang, eh taunya malah jadi nyesel. Rupanya orang - orang ini orang baik yang gak berniat menipu atau menjerumuskan.

Sedangkan BIPI saya temukan sendiri. Gak sengaja muncul ketika lagi asik screening saham. Namun ragu. Yah, namanya juga masih bego ya kan, jadi gak PD dengan pilihan sendiri. Sekarang pun masih tetep beli saham hasil pilihan sendiri, tapi gak sampe bagger. Palingan untungnya maksimal cuma sampe 3% dan masih sering cutloss.

Tapi win is win. Mau cuan 1000 atau satu juta, tetep profit. Kalo sekarang saya disuruh turun ke jalan nyari uang jatuh, 100 perak pun belum tentu nemu kan? Dan berharap suatu saat nanti bisa punya saham bagger, loss makin jarang. Setidaknya porto bisa plus lah dan modal gak berkurang bahkan bertambah. #SambilNahanSesaknyaPenyesalan



0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI