KONTEN VIDEO YOUTUBE GAME

 

Dua minggu belakangan ini saya sibuk di Youtube. Merekam aktivitas di game yang saya mainkan. Bukan game yang mainstream, namun game minoritas, yang banyak menipu orang.

Iklannya menampilkan game pertualangan. Player harus nebak langkah selanjutnya yang harus karakter ambil.

Setelah diinstall, yang kami dapat adalah Candy Crush. Game yang di iklan cuma muncul sesekali. Mungkin fungsinya biar pemain gak jenuh. Sayangnya, orang - orang udah duluan kecewa.

Yang menarik dari game ini adalah story yang muncul saat kita membuka area baru. Game ini, dan beberapa event-nya yang saya upload ke channel Youtube saya. Awalnya buat selingan, buat pemanasan untuk karya - karya selanjutnya, eh malah keterusan. Antara keasikan, atau sifat detail dan perfeksionis saya kumat. Saya memang gampang tenggelam ke dalam suatu hal yang menyenangkan seperti ini.

Saya pun mulai mikirin konsep upload yang lebih baik. Apakah video durasi panjang saya pecah saja jadi beberapa bagian, atau konsep membuka area yang sudah runut diubah dengan mengambil beberapa komponen-komponen pentingnya saja asal ada peristiwa yang menarik? Apakah semua area harus saya kejar sampai mentok sehingga video saya selanjutnya lebih update mengikuti perkembangan gamenya?

Kemudian saya berfikir kembali,"Apakah saya bersedia identitas pemain game kecil ini jadi melekat kepada saya? Seberapa besar impact-nya kepada saya dan orang lain? Seberapa jauh manfaat dalam diri saya yang bisa saya tingkatkan?"

Saat semua gejolak itu muncul, saya mendengar cuplikan Jovial da Lopez di sebuah podcast tentang menjadi Conten Creator. Yang intinya, konten game ini jauh dari definisi Content Creator yang baik. Channel kita ibarat TV / Majalah, di media apapun itu kita berkarya. Dan yang saya tampilkan adalah hal yang membosankan. Gak ada daya hiburnya. Yang saya dapatkan hanya pelepas kejenuhan. Hanya itu poin positif yang saya miliki: saya melakukan yang saya sukai yaitu main game, merekamnya, dan menyebarkannya.

PR selanjutnya adalah gimana caranya biar makin banyak yang nonton, atau langkah esktrimnya adalah stop upload game ini dan upload hal yang lebih mainstream? Entahlah.

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI