TUHAN JUGA BISA POSESIF

 

Saya mencoba mengembalikan kebiasaan yang beberapa tahun ini saya tinggalkan. Puasa.

Dulu saya rutin puasa. walau gak enak sama teman - teman karena jarang bisa ikut dalam acara makan - makan yang bertepatan dengan jadwal puasa saya. Saya pun jadi terkesan amat religius. Padahal cuma modal puasa doang. maksiat mah tetep jalan.

Kenapa memutuskan puasa lagi (sembari merapikan ibadah tentunya)? Karena saya merasa belakangan ini hidup udah berantakan banget. Bukan soal apa yang saya dapat atau apa yang saya alami. tapi lebih ke apa yang saya rasakan. yang seringkali gak ada kaitannya dengan apa yang sedang terjadi.

Saya makin sulit merasakan kedamaian dan ketenangan, bahkan bila saat sedang dalam kesunyian. Gelisah. Kalut. Mungkin memang ini saatnya kembali meluruskan tindakan.

Baru dua kali puasa, dalam kurun waktu seminggu, efeknya sudah berasa.

Saya makin cepat bersyukur. Cara menikmati makanan jadi berbeda. Sensasi merasakan kenyang tak lagi sama. Dan tubuh terasa lebih sehat. Hidup jadi lebih happy.

Namun teman - teman di kantor belum ada yang tahu saya puasa lagi. Biarkanlah tetap seperti itu. Biar mereka merasakan keberadaan saya yang lebih baik, daripada saya yang gembar - gembor tentang apa yang sedang saya lakukan.

Keputusan merahasiakan hal ini sering mejadi batu sandungan. Teman - teman sering membuat jadwal makan - makan di hari saya puasa. Kalau ga bisa mengelak, puasa pun akhirnya saya korbankan. Dan seperti nmendapat karma cepat, nasib saya seharian, bahkan hingga saya puasa lagi baru berakhir keapesan yang saya alami.

Mungkin ini faktor sugesti dan rasa bersalah. Atau, Tuhan memang posesif?

0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI