PENGALAMAN PERTAMA BELI REKSADANA

Jumat minggu lalu kesampaian juga nonton bareng istri lagi sejak sekian lamanya setelah kami menikah, dan selama Covid. Kami nonton Fast & Furious 9. Film yang katanya terlalu gak masuk akal tapi saya sendiri cukup menikmati filmnya. Emang sih udah jauh dari unsur kemanusiawian, tapi anggep aja nonton film superhero.

Sambil nunggu filmnya mulai, yang ternyata mundur setengah jam dari jadwal di tiket dan aplikasi, saya mulai transfer - transfer ke reksadana yang sudah saya pilih.

Pada akhirnya saya membeli reksadana juga. Hal yang saya sudah kenal sejak mendapat buku paket pelajaran ekonomi di SMA. Disana terdapat penjelasan singkat tentang reksadana. Disitu disebutnya masih dana reksa. Cuman saya tidak punya nyali yang cukup untuk mencari tahu lebih dalam, apalagi memulai investasi.


Padahal dari SMA saya sudah ngerasa cocok sama ekonomi. Ngitung kekayaan rasanya menyenangkan. Semangat saya belajar pas perlajaran ekonomi lebih gede dibanding ikut kelas lain.

Tapi karena kemakan isu kalo jurusan IPA lebih gede peluangnya masuk universitas kalo opsinya lebih banyak (bisa loncat ke fakultas IPS), saya milih IPA, dan makin tenggelam dengan memilih jurusan yang IPA banget di kampus.

Setelah kuliah pun, saya sering melihat kantor - kantor yang bergerak di bidang investasi. Mungkin belum jodoh kali ya makanya baru kesampaiannya sekarang dengan jalan cenderung lebih mudah. Nyari duit buat investasinya aja yang makin sulit.

Nyetor uang reksadananya cukup ribet karena saya harus nebeng di rekening istri. Kami punya rekening berbeda tapi di bank yang sama. Punya dia udah ada internet bankingnya, jadi lebih gampang dan cepet buat transfer.

Menerapkan beberapa ilmu tentang reksadana gak gampang. Emosional dan kedisiplinan dalam memilih produk yang mau dipakai sangat sulit diatur. Hampir seminggu setelah mencoba reksadana, baru ketahuan dimana kurangnya. Yang pasti jadi makin semangat 'main' di reksadana. Tapi makin jengah karena nilai investasinya cuma bisa sedikit, sedangkan tujuan finansial saya banyak banget!

Namanya punya mainan baru, gairah untuk nyobainnya tinggi banget! Sebisa mungkin mentrasfer semua uang yang sudah saya rencakan sebelum filmnya mulai. Dari tujuh item, cuma bisa lima, sisanya ditrasfer setelah keluar bioskop.

Sampe rumah, saya kulik lagi aplikasi reksadananya. Saya coba - coba, sampai nanya - nanya ke costumer service-nya. Salah satu kenyataan pahit yang harus saya terima adalah butuh satu setengah hari kerja agar uang kita masuk ke bursa saham bila bayarnya sebelum jam 1 siang WIB. Kalo bayarnya pas weekend kaya saya, bayar jumat, munculnya paling cepet selasa malem.


Untung sudah terlatih menahan rindu ingin bertemu istri. Jadi gak pusing - pusing banget nungguin uang saya mulai bekerja di aplikasinya.

Walaupun tetep gak sabar juga.

Saya jadi sering buka aplikasi, dan menatap nominal uang yang sudah terpampang disana, tapi unit saham dan item - item lain belum jalan. Masih nol.

Sabtu berlalu, diganti minggu. Minggu usai, datanglah senin. Masih ada satu hari lagi untuk melihat uang saya memunculkan grafiknya. Entah turun, atau bertambah. Ketakutan saya adalah hadirnya komedi. Udah capek - capek nunggu, angka pertama muncul di saham saya adalah merah. :))

Saya stalking IG aplikasinya. Dia sibuk repost follower yang portofolionya ijo. Yah...meski itu cuma beberapa dari ratusan ribu followernya sih. Cuman kan tetep pengen juga.

Sepulang kantor, lanjut lakuin aktivitas rutin. Bersihin badan, dan ngajak anak- anak main. Kemudian istri juga pulang kerja. Sekitar jam 7an. Notif hapenya berdering kencang ketika saya tengah gendong anak dan istri lagi mandi. Saya lirik ke layar, ada logo aplikasi reksadana saya yang kebetulan terhubung ke email istri.

Saya buka.

Katanya uang saya sudah jalan prosesnya!

Saya bukalah aplikasinya di hape saya. Beneran, imbal hasilnya udah gak 0 persen lagi. Sayangnya angka pertama yang saya dapat bukan hijau. Kalian ngerti sendiri lah apa yang saya dapat.

Sumpah saya baper banget! Kepikiran, bahkan sampai besok di kantor. Saya cuma berharap dua portofolio saya lainnya yang terbit hari ini, karena pas jumat lalu saya transfernya setelah jam 1 siang WIB, memberi keseimbangan kepada portofolio saya.

Dari sore sepulang kantor sampai malam saya refresh - refresh halaman aplikasinya, belum juga ada perubahan. Angkanya gak berganti. Saya nunggunya sampai ketiduran bareng anak-anak.

Tengah malemnya bangun, angkanya sudah berganti walau masih merah. Udah turun separuh ruginya. Fiuh, saya lega. Akhirnya bisa makan. Dari tadi gak selera. Padahal di surveinya saya masuk investor yang agresif, baru gini aja udah stresnya minta ampun. :(

Balik dari dapur, perut kenyang, refresh aplikasi, ternyata pasarnya baru update harian. Portofolio saya makin banyak merahnya. Huaaaa





















0 bukan komentar (biasa):

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI