GAK BISA LEBIH DARI 5


Ternyata bulan lalu tetep gak bisa posting setidaknya 10 postingan. Padahal ngerasanya bakal bisa. Semangat berkarya lumayan tinggi. Serta desakan situasi untuk terus berkreatifitas.

Tetep cuma bisa kurang dari hitungan satu tangan.
Ini bikin saya berpikir sejenak. Apa sih penyebabnya?

Yang bisa dijadiin kambing hitam sih paling itu lagi - itu lagi: ngasuh anak. Bukan saya mau ngeluh, tapi nemenin anak main itu bisa ngabisin waktu seharian. Padahal saya cuma ngajak main aja loh. Gak isi ngasi maem. Nidurin dia aja enggak. Cuma nemenin main aja.

Tapi capeknya berasa banget. Sekalinya si kecil di-take over sama kakek neneknya, bapaknya langsung lemes. Waktu istirahat yang ada saya pakai untuk maen hape. Soalnya mata gak bisa langsung diajak tidur. Ironisnya, mata baru mulai ngantuk pas jatah istirahat udah mo habis.

Jatah istirahat disini bukan jadwal yang kaku. Ini semata pakai kesadaran saya pribadi. Saya buat sendiri dengan diri saya. Lima belas sampe tiga puluh menit. Maksimal sejam. Habis itu saya akan ngambil anak saya lagi. Gak enak dan kasian sama orang tua.

Kenapa saya gak bisa ngambil kerjaan lain pas gak ngajak anak sedangkan yang lain bisa?

Kayanya faktor ketangguhan. Saya lebih lemah dari orang lain. Setiap anak lepas dari saya setelah saya ajak, saya langsung tepar. Udah gak ada tenaga lagi untuk ngapa-ngapain. Sisa tenaga cuma kuat refreshing main game dan lihat sosmed.

Berkarya dan berkreasi juga butuh mood. Kalo dipaksa, jatuhnya jadi kaya kerja, bukan hobi. Hasilnya pun asal jadi, gak pake hati. Kalo udah pake hati, meski hasilnya jelek, tapi lega. Nah kalo dipaksa, selalu berasa kurang.

Kecuali berkaryanya tiap hari, atau sering - sering. Bisa tuh di awal - awal dipaksa dulu, abis itu ketemu dah ritmenya. Beda kalo kerjanya sebulan dua kali. Moodnya keburu ilang. Musti ulang dari awal nemuin feel-nya.

Solusinya?

Ampe saat ini saya cuma bisa maksain diri sih. Dan bikin target pribadi. Misalnya posting dua hari sekali selama sebulan, di akhir saya akan ngasi reward untuk diri sendiri. Masalahnya, PR saya gak cuma ini. Banyak hal tertunda lain yang harus saya giniin juga. Dan itu banyak!

Saya harus milih mana yang saya paksa untuk lakuin. Mana yang harus saya kasi target dan kasi reward.

Gak mungkin semuanya. Waktu gak cukup. Karena waktu bersama anak juga amat sangat penting. Saya gak mau melewatkan masa emas tumbuhnya dia.

Duh, bingung lagi kan.

Sik..sik..saya orak orek dulu.

*merenung*

Okay, sudah ada sedikit pencerahan. Fyuh! Tampaknya akan berat. Saya gak tega membuang salah satu dari hobi ini. Tapi ini juga bikin saya jadi pesimis bisa ngelakuin semuanya. Gak punya kekuatan untuk bikin target yang lebih realistis. Menurut saya ini udah paling logis dan nyaman untuk saya lakukan.

Doakan saya.. Semoga saya berhasil melakukannya.

Tinggal mikirin rewardnya,

0 bukan komentar (biasa):

Post a comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI