Ini Bukan Pura Besakih (biasa)


Akhirnya ku ngenet lagi di kampus, tepatnya di gedung FG atas kampus Kimia Unud. Sekarang kampus lagi sepi, udah lama ga ngenet di sini. Bali lagi pada libur dalam rangka hari raya Pagerwesi. (Yang mau tau lebih lengkap tentang hari raya Pagerwesi, bisa baca di situ). Seneng banget hari ini bisa bangun pagi, mandi, sembahyang, sarapan terus cabut ke mekdi. Rencananya ngenet dulu sebelum ngelakuin aktifitas selanjutnya. Eh taunya wifi mekdi mati. Pindah ke KFC, juga not conected. Akhirnya transit ke kampus deh.

Sebulan yang lalu hampir aja ga sembahyang pas odalan (perayaan) gede di pura Besakih. Ibuk bilang odalannya sebulanan gitu. Pas ketemu satpam rusunawa, dia ngomong dalam bahasa Bali," De (panggilan nama depanku), kamu ga sembahyang ke Besakih? Kan besok nyimpen (hari terakhir atau penutupan odalan)".


Apaah?? Hari itu ga mungkin ku ke pura Besakih karena udah sore banget. Pura Besakih itu ada di kabupaten Karangasem. Sedang aku ada di kabupaten Badung. Dari Badung ke Karangasem bisa ampe sejam perjalanan. Belum lagi macet dan rute yang melewati perbukitan. Fyi, pura Besakih ada di Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

Esok harinya ku sembahyang sendiri pagi-pagi. Ga ada yang bisa ikut. Kebanyakan pada udah kesana sebelumnya dan ada juga yang udah punya acara duluan jadi ga bisa diajak dadakan kayak gini. Ku ga bawa canang ke Besakih. Bersyukur ketemu dagang yang baik dan ramah banget di Klungkung. Aku dikasi bunga gratis buat sembahyang. Ku males beli canang di deket pura. Harga disana bisa naik 400%! Belum lagi kualitas canangnya yang mungkin aja canang bekas yang didaur ulang.

Nyampe sana iseng-iseng jalan sambil make kacamata item. Lumayan ga ada yang ngeliatin mataku yang jelalatan. Hihi. Tapi make kacamata item bikin kita tampak tajir. Ada anak kecil yang nawarin canang. Udah kubilang kalo ku udah bawa canang tapi dia terus maksa pengen dibeli dagangannya. Dia terus ngerengek-rengek. Ngikut terus udah kayak wartawan nguber seleb. Bukannya ga kasian, tapi waktu itu ku ga bawa uang lebih.

Nyampe pedarman ku langsung masuk ke dalam biar bisa kabur dari kejaran tu bocah. Pedarman itu semacam blok dadia di pura Besakih. Nah apa itu dadia? Dadia semacam klan kalo di Jepang. Sebuah keluarga besar dari satu darah nenek moyang. Tiap dadia punya cerita tersendiri. Dadiaku Pula Sari, keturunan Aji Krisna Kepakisan.


Pedarman Pula Sari.

Usai sembahyang di pedarman, rutenya lanjut ke pura Gelap. Aku juga ga ngeri kenapa dinamain kayak gitu. Emang sih tempatnya agak dark gitu. Dari banyaknya komplek pura dan pedarman, ada satu pura yang mirip wihara. Mungkin ini ada kaitannya dengan relasi Hindu-Budha jaman dulu kali ya. 

Pura Gelap.

Usai sembahyang di pura Gelap, baru ke tujuan utama yaitu Penataran Agung. Saat keluar dari pura Gelap menuju Penataran Agung ku liat ada bapak-bapak Bali hendak membantu memoto sepasang bule. Kasian, niat baik malah jadi berantakan karena dia ga ngerti cara make kamera si bule. Ampun deh.. Gue sendiri malu liatnya..

Pemandangan dari pura Gelap.

Ketika sembahyang, umat Hindu menghaturkan canang berisi sesari. Sesari itu sejenis persembahan (sesajen) berupa uang yang diletakkan di atas canang. Kalo mau tentang canang lebih dalem, google mampu menjawab pertanyaan kalian. :)

Canang isi sesari.

Pulang..

30 bukan komentar (biasa):

Anonymous said...

gambar yang unik
ada duit ditaruh di tempat sajen
boleh diambil gak?

sedj

situsonline said...

Selalu dapat berita lucu dan menggembirakan ya bro.!selalu senyum dan ketawa ketika aku pembaca setiap posting di blog ini.!

Ellious Grinsant said...

weeew, tempat-tempat yang menarik dan indah...
sayang sampe sekarang blom pernah ke bali, huhuhuh...

Ahmad said...

Indahnya bali... kapan aku bisa ke sana ya? kalau aku ke sana boleh gak nginap di tempat sampean bro.. hehehe... ngarep

Muhammad A Vip said...

ada duitnya segala tuh, bisa diambil sama kita-kita nih kalo datang ke sana. selain umat Hindu boleh masuk nggak?

selfishyayun said...

iya itu aku melihat ada selembar diatas sesaji, tadi kenapa tidak dikasih ke anak yang jual canang aja...?
Selamat siang...

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

jaadi pnasaran liat wajah lo pake kacamata hitam.... hehehee.. btw semestinya lo bantu tuh bapak2 nya motoin tuh bule... hehehe

ekoph said...

Selamat beribadah!

Multibrand said...

Saya sudah lama tidak ke Bali, membaca posting anda dan melihat foto-fotonya saya jadi mau pergi kesana.

pisped said...

jalan-jlana seru juga... riz-ved.blogspot.com jalan juga kesini yagh hihuihi... follow supya saya bisa terus ke sini heheheh

Rawins said...

harga naik 400%?
ternyata ga dimana dimana, kalo deket lokasi rame rame harganya mahal. emang paling enak nyiapin sendiri ya...

Gaphe said...

akhirnya sembahyang jugaa... heheh biar jauh, kalo emang dah jadi kewajiban maah hajar aja Kra. Btw, jepretan terakhir mancaabh tuh!

Aina said...

duitnya cuma seribu???? pelit amat apa emang syarat????

Anonymous said...

Gigih says:

wah menarik nih ceritanya.

attayaya-mading said...

photo yg paling bawah tuh asiiik\
pulaaaang

Nova Miladyarti said...

hua...pingin ke bali pingin ke bali....

Meutia Halida Khairani said...

beneran baru tau ada tempat2 kayak gini di bali..

munir ardi said...

Bali selalu menyajikan nuansa kultural dan keindahan yang tidak tertandingi

Amy said...

aduuuuh.... jadi pengen ke Bali....

iam said...

Wah ternyata gitu ya tata cara nya, hehe :D

obat alami ginjal said...

jepretan ke 4 mantab.........

salamsayang.com said...

Ijin Singgah sebntar y OM

Blogwalking

alkatro said...

cuanttiiiiiiik banged, jadi pengin kesana lagi hix..
makasih sharenya bli :)

B.S.U. said...

nice gan

TOMKUU said...

yang kaya gini nih yang bikin TK iri... seru deh bisa liat ritual agama n adat bali... terus enaknya kalian itu masih tau silsilah keturunan yah... klo TK sih gak tau deh nenek moyangnya siapa... yang TK tau nenek moyangku seorang pelaut... hahahaha dan ada yang bilang nenek moyang TK tuh adam dan hawa... tapi kok bisa beda yah... mereka kan bule gitu klo TK asia... jadi kayanya gak mungkin... (mulai ga penting).... hahahahah btw... soon klo pas TK ke Bali pake ya kacamata itemnya!!! tar kita foto bareng!!! jangan lupa pake udeng!!! hahahahah ^^

see u soon bro!

obat alami sinusitis said...

saya pernah kesana,penduduknya ramah2 kaya ditempat asalku jawa barat,dan nama akhiran orang2nya ,mirip2 juga dengan nama2 orang sunda

risky rionaldy said...

Ngasih Jempol buat yang punya Blog

Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood said...

ikut nyimaka aja deh... ^_

Teras Info said...

saya jadi tahu tentang budaya bali..
thanks brother.. ^_

Anonymous said...

Hai kak, salam kenal. Kalo dadia pulosari (keturunan aji kresna) punya silsilahnya yang mpe keturunan skrg gt g kak? di share disini dunk kak.

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI